Logo Bloomberg Technoz

Babak Baru Utang Waskita Karya (WSKT) Dimulai Besok

Dityasa Hanin Forddanta
14 June 2023 14:35

Waskita. (Dok. Waskita)
Waskita. (Dok. Waskita)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Babak baru soal utang PT Waskita Karya Tbk (WSKT) dimulai besok. Ini seiring dengan berakhirnya masa perjanjuan restrukturisasi induk atau master restructuring agreement (MRA) emiten BUMN Karya tersebut.

Ada mekanisme standstill yang menjadi salah satu rangkaian dalam MRA. Standstill merupakan bentuk optimal dari perlakuan yang sama (equal treatment) kepada kreditur dan pemegang obligasi penjaminan. Sikap ini akan memberikan waktu bagi perusahaan dalam melakukan pencadangan kas untuk aktivitas operasi.  

Sehingga, WSKT tidak dapat melakukan pembayaran apapun termasuk melakukan pembayaran bunga dan atau pokok atas kewajiban keuangan Perseroan terhadap seluruh Kreditur dan Pemegang Obligasi Non Penjaminan serta pemberi pinjaman perbankan. Standstill sifatnya hanya sementara, berlangsung dari 7 Februari 2023 hingga 15 Juni 2023. 

Sikap tersebut yang menjadi alasan WSKT belum bunga Obligasi Berkelanjutan IV Tahap I Tahun 2020, yang menyebabkan disuspensinya saham. "Belum dibayarkannya bunga obligasi dikarenakan kami masih dalam sikap standstill," ujar SVP Corporate Secretary WSKT Ermy Puspa Yunita, beberapa waktu lalu.

Bulan ini juga merupakan penentu aksi korporasi perusahaan. Dalam laporan keuangan terungkap, WSKT menargetkan untuk dapat menyelesaikan rights issue atas penanaman modal negara (PMN) tahun anggaran 2022, paling lambat sebelum 30 Juni 2023.