Logo Bloomberg Technoz

Investor Minoritas Teriak Minta Toyota Fokus ke Mobil Listrik

News
14 June 2023 11:10

Koji Sato saat press conference 10 Mei. Photographer: Kentaro Takahashi/Bloomberg
Koji Sato saat press conference 10 Mei. Photographer: Kentaro Takahashi/Bloomberg

Nicholas Takahashi dan Tsuyoshi Inajima - Bloomberg News

Bloomberg Technoz, Jakarta - Rapat umum pemegang saham tahunan Toyota Motor Corp. menjadi semacam referendum tentang strategi kendaraan listrik produsen mobil Jepang ini. Adalah investor asing yang cukup vokal menyuarakan agar Toyota mulai fokus ke kendaraan listrik.

Sebagian kecil pemegang saham menentang penunjukan kembali Akio Toyoda sebagai chairman, dengan alasan bahwa Toyota telah tertinggal dari para pesaingnya karena komitmen terhadap pendekatan "multi jalur", dengan menawarkan berbagai pilihan kepada para pelanggan dengan menjual mobil bensin dan hibrida sembari berinvestasi pada kendaraan listrik, hidrogen, dan bahan bakar netral karbon. 

Beberapa pihak dari kalangan investor juga menuntut transparansi dalam hal kebijakan iklim sebagai upaya untuk mendukung mobil listrik, atau berusaha melarang Toyota memproduksi mobil yang membakar bahan bakar fosil.

Toyoda diangkat kembali pada pertemuan hari Rabu (14/6/2023) di kantor pusat Toyota di dekat Nagoya - meskipun hasil penghitungan suara baru akan tersedia nanti.