Logo Bloomberg Technoz

Kembalinya Akio Toyoda Sebagai Chairman Toyota Tuai Kritik

News
27 May 2023 13:00

Chairman Toyota, Akio Toyoda./ Bloomberg
Chairman Toyota, Akio Toyoda./ Bloomberg

Kanoko Matsuyama - Bloomberg News

Bloomberg, Perusahaan konsultan Glass Lewis & Co. menentang pengangkatan kembali Chairman Toyota Motor Corp. Akio Toyoda di tengah kekurangan direktur independen dalam jajaran eksekutif raksasa otomotif Jepang itu.

Dikutip dari surat kabar Nikkei, Glass Lewis juga merekomendasikan agar pemegang saham memberikan suara untuk menentang tiga calon auditor, di tengah kekhawatiran atas kemampuan mereka untuk melakukan audit yang tepat.

Perusahaan menyarankan investor untuk tidak mendukung proposal beberapa pemegang saham Toyota untuk mengubah piagam perusahaannya guna memasukkan secara spesifik bagaimana upayanya untuk mengurangi risiko perubahan iklim, menurut surat kabar itu. Rencana tersebut belum tentu untuk kepentingan pemegang saham, kata Glass Lewis.

Toyota membela penunjukan kembali Toyoda dalam pernyataan via surel pada Sabtu, dengan mengatakan dia telah memperkuat daya saing perusahaan dan dapat terus berkontribusi untuk meningkatkan valuasi dengan mempromosikan transformasinya menjadi perusahaan mobilitas.