Logo Bloomberg Technoz

Erdogan Tunjuk Gubernur Bank Sentral Baru, Normalisasi Kebijakan?

News
09 June 2023 08:15

Presiden Turki, Tayyip Erdogan. (Oliver Bunic/Bloomberg)
Presiden Turki, Tayyip Erdogan. (Oliver Bunic/Bloomberg)

Beril Akman - Bloomberg News

Bloomberg, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menunjuk Hafize Gaye Erkan sebagai gubernur bank sentral yang baru, menggantikan Sahap Kavcioglu. Hal ini merupakan langkah yang mungkin menandakan kembalinya kebijakan moneter negara itu menjadi lebih konvensional.

Pengumuman tersebut melengkapi perombakan tim ekonomi utama Erdogan setelah penunjukan Mehmet Simsek sebagai menteri keuangan. Selama menjadi gubernur bank sentral, Kavcioglu tidak pernah berbeda dari keyakinan Erdogan bahwa menurunkan suku bunga dapat memperlambat inflasi.

Erkan, yang merupakan mantan eksekutif bank di AS, adalah pimpinan perempuan pertama otoritas moneter Turki. Dia sebelumnya bekerja di Goldman Sachs Group Inc. dan First Republic Bank yang berbasis di San Francisco, yang bangkrut pada Mei, sekitar lebih dari setahun setelah Erkan mengundurkan diri sebagai co-chief executive officer (co-CEO).

Penunjukannya diambil oleh pasar sebagai tanda kemungkinan normalisasi dalam kebijakan moneter Turki setelah bertahun-tahun biaya kredit yang sangat rendah.