Logo Bloomberg Technoz

Sudah Dipecundangi Vietnam, Jangan Sampai Kalah Juga Dari Myanmar

Ruisa Khoiriyah
07 June 2023 14:35

Ilustrasi ekspor Vietnam (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi ekspor Vietnam (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Indonesia lagi-lagi harus menelan kenyataan bahwa untuk kesekian kali, Negeri Khatulistiwa dengan jumlah penduduk hampir 300 juta ini telah dipecundangi oleh Vietnam.

Perekonomian Vietnam berlari secepat kuda ketika Indonesia hanya bisa berjalan tertatih hingga semakin tertinggal di belakang. Kini, dengan ketertinggalan dari Vietnam yang semakin sulit terkejar, Indonesia menghadapi ancaman baru dari Myanmar, negeri yang sempat mengalami kudeta militer pada 2021, yang mulai menunjukkan ekspansi industri manufaktur. 

Sekitar tiga dasawarsa silam, pendapatan per kapita Indonesia mencapai lima kali lipat Vietnam. Data Bank Dunia, pendapatan per kapita RI pada 1990 sekitar US$ 582,7. Ketika itu, Vietnam hanya mencatat PDB per kapita sebesar US$ 96,7.

Namun, Vietnam berhasil mengejar ketertinggalan dengan capaian pendapatan per kapita sebesar US$ 3.756,5 pada 2021. Sedangkan Indonesia mencatat PDB per kapita sebesar US$ 4.332,7 untuk tahun yang sama.

Dari data itu bisa terlihat, dalam rentang tiga dasawarsa, Vietnam berhasil menaikkan pendapatan per kapita hingga 3.784,6%. Sedangkan Indonesia cuma bisa menaikkan 643,5%.