Logo Bloomberg Technoz

Yu mengamati bahwa ByteDance menurunkan konten yang menyatakan dukungan terhadap protes di Hong Kong (Umbrella Revolution), sementara ByteDance mempromosikan konten yang menyatakan kritik terhadap aksi protes di Hong Kong.

Sementara ByteDance mengatakan Yu bekerja untuk perusahaan selama kurang dari satu tahun dan ditugaskan pada aplikasi bernama Flipagram, yang sudah tidak digunakan lagi.  ByteDance mengatakan dalam sebuah pernyataan melalui email bahwa mereka akan melawan dengan keras, yang menurut mereka tidak berdasar.

“Sangat mengherankan bahwa Yu tidak pernah mengajukan tuduhan ini dalam lima tahun sejak pekerjaannya di Flipagram berhenti,” kata ByteDance. “Tindakannya jelas dimaksudkan untuk menarik perhatian media.”

Chief executive officer (CEO) of TikTok Inc., Shou Zi Chew. (Bryan van der Beek/Bloomberg)

Yu menambahkan klaim pengawasan minggu ini pada gugatannya di Mei yang menuduh dia dipecat karena mengeluh kepada pengawas ByteDance tentang perilaku ilegal di perusahaan.

Yu menuduh atasannya ketika dirinya menyuarakan perhatiannya bahwa ByteDance mencuri konten berhak cipta dari platform lain, termasuk Instagram dan Snapchat, serta mengarang pengguna dengan memperbesar metrik.

Yu telah melihat “god credential” digunakan pada tahun 2018 untuk memonitor para aktivis Hong Kong yang diidentifikasi dalam protes sebelumnya. Pengajuan ini pertama kali dilaporkan oleh Wall Street Journal.

TikTok (Sumber: Bloomberg)

TikTok menghadapi tekanan yang semakin meningkat, dan potensi pelarangan, dari pejabat negara bagian dan federal di AS. Hal ini menyusul laporan bahwa perusahaan tersebut telah menyimpan informasi keuangan pribadi pengguna AS di server di China, yang dapat diakses oleh karyawan. 

Yu berkata bahwa aplikasi TikTok menyimpan pesan langsung pengguna, riwayat pencarian, apa yang mereka lihat dalam waktu  lama.

Pengguna ByteDance yang mengunggah konten protes di Hong Kong juga dipantau oleh pejabat Tiongkok dan “penyelidik eksternal,” menurut pengajuan tersebut.

Perangkat para aktivis juga dilacak, begitu pun dengan informasi jaringan, kartu SIM, dan alamat IP mereka, kata Yu. Ia menambahkan telah melihat dari ByteDance logs bahwa anggota komite memeriksa data, lokasi, dan komunikasi pengguna.

(bbn)

No more pages