Logo Bloomberg Technoz

ByteDance Hadapi Tuduhan Bantu China Melacak Aktivis Hong Kong

News
07 June 2023 08:16

TikTok. (dok Andrew Harrer/Bloomberg)
TikTok. (dok Andrew Harrer/Bloomberg)

Joel Rosenblatt - Bloomberg News

Bloomberg, Anggota Partai Komunis Tiongkok menggunakan “god credential” di perusahaan induk TikTok, ByteDance Inc. untuk memeriksa data pribadi para aktivis pejuang hak-hak sipil dan pengunjuk rasa di Hong Kong. Mereka mengidentifikasi dan melacak para aktivis, menurut seorang mantan eksekutif perusahaandalam sebuah pengajuan di pengadilan.

Yintao "Roger" Yu, mantan kepala engineering ByteDance di AS, menggambarkan komite khusus pemerintah Tiongkok yang ditanam di kantor perusahaan di Beijing. Menurutnya terjadi pemantauan semua data di platform, termasuk data pengguna di AS, menurut pengajuan tersebut.

“Ini adalah jalan belakang dari penghalang  yang seharusnya dipasang oleh ByteDance untuk melindungi data dari pengawasan Partai Komunis Tiongkok, menurut pengajuan di pengadilan negeri di San Francisco. “Kredensial pengguna super,” yang juga dikenal sebagai “god credential” adalah "hal yang biasa didiskusikan di antara karyawan di berbagai tingkat perusahaan, termasuk para eksekutif senior,” kata Yu.

ByteDance juga menjalin kerja sama dengan partai Komunisuntuk menjadi medium propaganda, kata Yu.