Logo Bloomberg Technoz

Jokowi Naik Andong di Malioboro, Bagi Amplop ke Pedagang Kecil

Ezra Sihite
03 June 2023 16:35

Presiden Joko Widodo (Jokowi) beserta istri berkeliling kawasan Malioboro, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jumat (2/6/2023) malam. (BPMI Setpres/Rusman)
Presiden Joko Widodo (Jokowi) beserta istri berkeliling kawasan Malioboro, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jumat (2/6/2023) malam. (BPMI Setpres/Rusman)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan ibu negara Iriana serta putranya Kaesang Pangarep dan sang istri Erina Gudono naik andong pada Jumat malam (2/6/2023) di kawasan Malioboro, Yogyakarta. Saat andong Presiden Jokowi menyusuri jalanan Malioboro, orang-orang yang berada di kawasan itu ramai-ramai meneriaki dan berkumpul sambil memanggil nama Jokowi.

Saat menyusuri Malioboro, Jokowi tampak dikawal sejumlah paspamres yang meggunakan sepeda. Sebagian juga berjalan kaki sambil berlari.

Orang-orang di Malioboro sebagaimana dalam video tampak heboh saat kepala negara melewati mereka bahkan yang berada di rumah makan dan restoran terekam ikut keluar untuk bisa melihat Presiden Jokowi.

Pada saat itu Presiden Jokowi mengenakan kaus berwarna merah tanpa kerah. Tak lama setelahnya Jokowi turun dari andong. Dia kemudian membagikan semacam amplop kepada para pedagang kecil terutama pengasong yakni tampak amplop putih. Pedagang kecil satu per satu diberikan amplop oleh presiden.

Presiden baikan amplop kepada para pedagang kecil di Malioboro (YouTube Sekretariat Presiden)

"Senang banget pokoknya senang banget bisa menolong pengasong, jadi semangat jualnya," kata seorang pengasong bernama Fauzan yang mendapatkan amplop dari Presiden Jokowi sambil menunjukkannya sebagaimana video yang diunggah dalam akun Instagram Presiden Jokowi pada Sabtu (3/6/2023).