Logo Bloomberg Technoz

Bicara di Pertemuan BRICS, RI Angkat Ketidakadilan Ekonomi Global

Ezra Sihite
03 June 2023 12:20

Menlu Retno Marsudi berbicara di pertemuan BRICS secara virtual (Dok Kemlu RI)
Menlu Retno Marsudi berbicara di pertemuan BRICS secara virtual (Dok Kemlu RI)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi menyampaikan pernyataan secara virtual dalam pertemuan para menlu negara-negara BRICS yakni Brasil, Rusia, India, RRT, Afrika Selatan di Cape Town, Afrika Selatan (2/6/2023).

Menlu meminta negara-negara BRICS untuk memperjuangkan hak pembangunan setiap negara dan memperkuat multilateralisme. Dia mengatakan, saat ini dunia semakin terbelah ke dalam blok-blok yang saling berlawanan. 

Dengan kondisi demikian, tatanan dunia yang sudah punya aturan bak kehilangan makna karena setiap negara mengejar kepentingan pribadi masing-masing. Bahkan kata Retno, kerja sama internasional gagal mengatasi tantangan-tantangan global dan kepercayaan terhadap efektivitas multilateralisme makin surut. BRICS diketahui merupakan salah satu bentuk institusi internasional multiratelisme.

“Jika tren ini terus berlanjut, negara berkembang yang akan paling dirugikan. Kita semua memiliki tanggung jawab untuk memperbaiki tatanan global yang tidak sehat ini," kata Retno sebagaimana siaran pers Kemlu RI, Sabtu (3/6/2023).

"BRICS berpotensi menjadi kekukatan yang positif untuk itu,” imbuhnya.