Logo Bloomberg Technoz

BNPB Sebut Kebakaran Hutan dan Lahan Mulai Meningkat

Elisa Valenta
01 June 2023 09:10

Ilustrasi kebakaran hutan di Sumatra (Dimas Ardian/Bloomberg)
Ilustrasi kebakaran hutan di Sumatra (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebut kebakaran hutan dan lahan (karhutla) mendominasi kejadian bencana selama sepekan terakhir. BNPB mencatat selama satu minggu terakhir terjadi bencana sebanyak 22 kali kejadian.

“Kita melihat dari dua minggu yang lalu kebakaran hutan setiap minggu itu mulai dari 4 (kejadian), naik ke 8 dan sekarang ada 13 kali, sudah lebih dari 50% kejadian total dari 22 kejadian bencana,” ungkap Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari dikutip dari Youtube BNPB, Kamis (1/6/2023).

Abdul mengatakan secara umum saat ini tren kejadian bencana di Indonesia didominasi oleh karhutla. “Jadi kalau biasanya dalam 2, 3 tahun terakhir, sepanjang tahun kita dihiasi oleh hujan dan tanah longsor, banjir bandang dan lain-lain, sekarang kita mulai bencana hidrometeorologi kering.”

Selain karhutla, Abdul mengatakan masih ada kejadian bencana tanah longsor juga cuaca ekstrem namun tanpa hujan terjadi di Indonesia. “Meskipun masih ada tanah longsor, cuaca ekstrem. Cuaca ekstrem sekarang biasanya cuaca ekstrem dengan hujan sekarang cuaca ekstrem tanpa hujan, jadi angin puting beliung tanpa diiringi oleh hujan,” katanya.

Tercatat dari 22 kejadian bencana sepekan terakhir, sebanyak 13 kejadian karhutla, 4 kejadian banjir, 3 kejadian cuaca ekstrem, 2 kejadian tanah longsor. Tersebar di 12 provinsi dan 19 kabupaten kota.