Logo Bloomberg Technoz

Sejarah Kelahiran Pancasila, Dasar Negara yang Digagas Bung Karno

Sultan Ibnu Affan
01 June 2023 08:53

Ilustrasi Pancasila. (Photo by Mufid Majnun on Unsplash)
Ilustrasi Pancasila. (Photo by Mufid Majnun on Unsplash)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Gagasan mengenai Pancasila tercetus pada saat sidang Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI), 1 Juni 1945.

Kala itu, Pemerintah Jepang membentuk BPUPKI karena memberi janji kemerdekaan bagi Indonesia. Selain itu, agar Indonesia mau menerima para utusan Jepang di Tanah Air usai mengusir tentara Belanda. Tugas BPUPKI ini guna mempersiapkan hal-hal yang dibutuhkan Indonesia untuk merdeka, termasuk merumuskan dasar negara.

Dalam sidang BPUPKI ini, sejumlah tokoh menyampaikan pidatonya terkait perumusan asas dasar negara Indonesia merdeka. Para tokoh itu di antaranya Mohammad Yamin, Soepomo, dan Soekarno.

Ketika sidang BPUPKI digelar, Soekarno yang hadir dalam sidang itu memberikan gagasannya tentang dasar negara Indonesia.

Berdasarkan Himpunan Risalah Sidang-Sidang dari BPUPKI dan PPKI yang Berhubungan dengan Penyusunan UUD 1945, Mohammad Yamin berpidato pada 29 Mei 1945. Dalam pidato itu, ia merumuskan 5 asas dasar negara, yaitu Peri Kebangsaan, Peri Kemanusiaan, Peri Ketuhanan, Peri Kerakyatan, dan Kesejahteraan Rakyat.