Logo Bloomberg Technoz

Raimondo bertemu dengan Wang Wentao, di Washington pada hari Kamis, diikuti oleh pertemuan serupa pada Jumat dengan Katherine Tai, perwakilan dagang AS.

Pendapatan perusahaan chip AS dari China (Blooomberg)

Rangkaian pertemuan tersebut merupakan bagian dari niat yang lebih luas oleh pemerintahan Presiden Joe Biden guna memperbaiki hubungan dengan Beijing, termasuk potensi kunjungan ke China oleh Menteri Keuangan Janet Yellen dan pembicaraan langsung lebih lanjut antara kedua presiden, Biden serta Xi Jinping.

“Anda akan terus melihat dialog yang sedang berlangsung sekarang. Betapa sulitnya komunikasi itu atau apa yang akan terjadi, saya tidak tahu, tetapi percakapan itu sendiri sebenarnya cukup penting,” kata wakil perwakilan dagang AS Sarah Bianchi dalam wawancara terpisah.

Tidak jelas langkah apa yang mungkin diambil AS setelah tindakan Micron. Kepala perdagangan AS pada konferensi persnya menegaskan kembali hal ini "tidak berdasar," dan menyebut bahwa Washington tengah bekerja sama dengan mitranya untuk merespon.

Anggota partai republik, perwakilan Wisconsin, Mike Gallagher, pemimpin komite kongres dengan berfokus pada China, telah menyerukan untuk menambahkan Changxin Memory Technologies Inc. ke daftar perusahaan AS dengan akses terbatas ke teknologi Amerika. Ini pukulan bagi raksasa teknologi China, Huawei Technologies Co.

Raimondo pada hari Sabtu tidak menanggapi pertanyaan tentang kemungkinan tindakan terhadap Changxin Memory, yang berencana untuk mengajukan IPO saham di pasar domestik tahun ini, yang diestimasi bernilai lebih dari US$14,5 miliar.

Investasi korea selatan di Amerika Serikat

Korea Selatan sebagai mitra dagang utama dengan China, juga mitra keamanan dengan AS, terjebak di tengah pertengkaran. Pembuat chip memori Samsung Electronics Co. dan SK Hynix Inc. punya kesempatan mendapat keuntungkan dengan hilangnya pasar Micron di China. Washington dan Beijing telah melobi rekan-rekan mereka di Seoul.

Kementerian perdagangan Wang mengatakan dalam sebuah pernyataan pada akhir pekan bahwa dia telah bertemu dengan Menteri Perdagangan Korea Selatan Ahn Duk-geun pada hari Jumat. Mereka telah sepakat untuk memperkuat dialog dan kerja sama dalam rantai pasokan semikonduktor.

Pasar memory chip semikonduktor. (dok Beloomberg)

Pernyataan terpisah dari kantor Ahn pada hari Sabtu tentang pembicaraan tersebut tidak merujuk pada semikonduktor, hanya “menstabilkan pasokan, permintaan bahan baku dan komponen utama.”

(bbn)

No more pages