Logo Bloomberg Technoz

Fokus Investor Bergeser, Ini Sektor Saham Potensial 2023

Muhammad Julian Fadli
26 May 2023 17:00

Ilustrasi pasar saham Asia (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi pasar saham Asia (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Beberapa sektor saham diproyeksikan akan menjadi unggulan investor di Bursa saham Indonesia hingga akhir 2023. Investor mulai terlihat merubah fokus arah investasi karena ada perubahan kondisi dan faktor yang mempengaruhi sentimen pasar.

Sebagai gambaran pada tahun-tahun sebelumnya, seperti pada 2020, saham dari sektor kesehatan menjadi salah satu primadona pilihan investor karena pandemi Covid-19, memicu peningkatan kebutuhan obat-obatan, dan alat kesehatan.

Adapun pada 2021 sektor saham potensial dan menjadi unggulan investor berganti menjadi saham-saham bank digital, yang bergerak atraktif dan hangat diperbincangkan di mana-mana.

Selanjutnya pada 2022 sektor saham potensial adalah komoditas. Saham ini paling diburu oleh para investor. Pemicunya keterbatasan pasokan di market global karena terdapat aksi geopolitik antara Rusia dan Ukraina.

Kemudian pada awal 2023,  pemerintah Indonesia memutuskan untuk mencabut kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Kebijakan tersebut langsung disampaikan oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) secara resmi. Kebijakan tersebut menjadi angin segar bagi mobilisasi masyarakat dan kembali normalnya aktivitas ekonomi secara keseluruhan.