Logo Bloomberg Technoz

China Blokir Micron AS, Bukan Kejahatan Dibalas Kejahatan

News
24 May 2023 15:00

Micron (Sumber: Bloomberg)
Micron (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg News

Bloomberg Technoz, Jakarta - Langkah China untuk melarang produk Micron Technology Inc. menjadi bentuk pembalasan terhadap kontrol ekspor AS. Sekarang pertanyaannya, apakah Presiden Xi Jinping akan melakukan pemblokiran perusahaan teknologi AS lainnya dan mengorbankan ekonominya.

Hingga pekan ini, Beijing masih belum menanggapi langkah AS untuk menutup akses China ke cip canggih dan teknologi lainnya, yang menurut Presiden Joe Biden digunakan untuk modernisasi militer. China telah berulang kali mengecam tindakan tersebut sambil melakukan tindakan balasan terhadap perusahaan Amerika.

Keputusan Micron datang tak lama setelah para pemimpin G-7 menerbitkan komunike yang sepakat untuk melawan 'pemaksaan ekonomi' Beijing. Menurut data yang dikumpulkan oleh Bloomberg, aksi ini dapat menyebabkan kerusakan material pada Micron yang mendapatkan 11% pendapatannya dari China.

Micron (Qilai Shen/Bloomberg)

Namun, dampak kebijakan ini sangat minim pada industri China karena mereka bisa dengan mudah mengganti cip memori Micron dengan produk serupa dari pemasok lokal serta Samsung Electronics Co. adn SK Hynix Inc. dari Korea Selatan. Qualcomm Inc. dan Intel Corp., yang membuat cip smartphone dan server China, jauh lebih sulit untuk diganti.