Logo Bloomberg Technoz

Pengumiman terkait pemisahaan telah disampaikan secara tertulis kepada seluruh karyawan pada 6 APril 2023. Sampai tanggal 17 Mei 2023, perusahaan tidak menerima adanya keberatan dari karyawan atas pemisahan tersebut.


Penyertaan Singtel

Salah satu pemegang saham PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel), Singapore Telecom Pte Ltd (Singtel) akan melakukan penyertaan saham kepada Telkomsel.

Setoran modal dilakukan secara tunai sebesar Rp 2,71 triliun. Nilai tersebut berdasarkan valuasi yang sama ketika TLKM melakukan spin off.

Setelah spin off, kepemilikan Singtel akan terdilusi menjadi 30,10% dari sebelumnya 35%. Sedang kepemilikan TLKM atas Telkomsel bertambah jadi 69,90% dari sebelumnya 65%.

TLKM sendiri telah menandatangani Perjanjian Pemisahan Bersyarat (Conditional Spin-Off Agreement) dengan Telkomsel pada tanggal 6 April 2023. Pemisahaan ini menjadi bagian dari restrukturisasi raksasa telekomunikasi pelat merah tersebut.

IndiHome memiliki sejumlah layanan, yakni internet, voice bundling (termasuk voice only (1P) dengan akses homewifi), internet protocol television (IPTV), Over-the-Top (OTT), dan layanan digital (digital services).

Berdasarkan Perjanjian Pemisahan Bersyarat, nilai dari segmen usaha IndiHome yang akan dipisahkan adalah sebesar Rp58,24 triliun.

Alasan dan tujuan spin off adalah untuk mempertahankan daya saing dan keunggulan perusahaan dalam menghadapi persaingan usaha di sektor telekomunikasi Indonesia.

(dhf)

No more pages