Logo Bloomberg Technoz

Sementara di bidang ekonomi, Presiden mengungkapkan bahwa kedua negara telah menandatangani persetujuan perdagangan preferensial atau preferential trade agreement (PTA). Penandatanganan dilakukan oleh Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan dan Menteri Luar Negeri (Menlu) Iran Hossein Amirabdollahian dan diperlihatkan di hadapan kedua pemimpin.

Selain itu, dua negara juga menjajaki pembentukan kesepakatan antarbisnis atau B2B, investasi pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN), dan solusi untuk investasi sektor migas.

“Terakhir, terkait dengan teknologi sinyal perkeretaapian, saya telah menyampaikan harapan untuk kerja sama, riset bersama, alih teknologi, dan assembly,” kata dia.

Presiden Iran Ebrahim Raisi dalam pernyataannya menyampaikan penghargaan atas undangan Presiden Jokowi. Dia meyakini hubungan baik antardua negara akan bisa terus berlanjut dan kerja sama bisa ditingkatkan.

“Saya berharap dengan adanya hubungan baik antara kami dan Indonesia dapat diambil langkah-langkah menuju perluasan hubungan antara kedua negara,” ujar Presiden Iran.

Selain penandatanganan PTA, pada rangkaian pertemuan juga dilakukan penandatanganan MoU Kerja Sama Pemberantasan Peredaran Gelap Narkotika, Zat Psikotropika dan Prekursornya. 

(ezr)

No more pages