Logo Bloomberg Technoz

Jokowi Bertemu Presiden Iran Ebrahim Raisi, Ini Hasil Bilateral

Ezra Sihite
23 May 2023 19:15

Upacara Penyambutan Kunjungan Kenegaraan Presiden Republik Islam Iran, Istana Bogor,23 Mei 2023. (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)
Upacara Penyambutan Kunjungan Kenegaraan Presiden Republik Islam Iran, Istana Bogor,23 Mei 2023. (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan perdana Presiden Republik Islam Iran Seyyed Ebrahim Raisi di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat. Keduanya kemudian mengadakan pertemuan bilateral. Dalam kesempatan itu, Jokowi dan Raisi juga membahas situasi geopolitik dunia dan sejumlah potensi kerja sama kedua negara.

Dalam pernyataan pers usai pertemuan, Presiden Jokowi menyampaikan bahwa Indonesia dan Iran sepakat untuk terus mendukung perjuangan rakyat Palestina dan mengatasi krisis di Afghanistan.

“Tadi kita membahas mengenai situasi geopolitik dunia dan penguatan kerja sama bilateral. Kami sepakat untuk terus mendukung perjuangan rakyat Palestina dan mengatasi krisis kemanusiaan di Afganistan, dengan terus menyuarakan akses pendidikan bagi perempuan di Afganistan dan terus memberikan bantuan kemanusiaan,” ujar Presiden Jokowi dilansir dari Sekretariat Kabinet.

Terkait kerja sama bilateral, ada beberapa hal yang disepakati. Dalam bidang kesehatan, kedua negara sepakat melakukan proyek percontohan atau pilot project untuk tindakan operasi telerobotik. Selain itu akan ada proyek percontohan pada telemedisin serta kolaborasi alat telemedisin di 11 puskesmas juga telah berjalan.

“Saya juga tadi menyampaikan terkait dengan alih teknologi dan produksi bersama dengan BUMN Indonesia dan kerja sama bioteknologi dan nanoteknologi untuk kesehatan, energi, pertanian, dan lingkungan,” ujarnya.