Logo Bloomberg Technoz

Sebar Kabar Bohong, Pengguna ChatGPT di China Ditangkap Polisi

News
10 May 2023 12:00

Ilustrasi OpenAI atau teknologiArtificial intelligence (AI)seperti ChatGPT. (Dok Bloomberg)
Ilustrasi OpenAI atau teknologiArtificial intelligence (AI)seperti ChatGPT. (Dok Bloomberg)

Low De Wei - Bloomberg News

Bloomberg, Pihak berwenang China menahan seorang pria karena menggunakan ChatGPT untuk menulis artikel berita palsu.  Ini merupakan salah satu contoh penyalahgunaan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) dan kasus penangkapan pertama di China. 

Pria tersebut diketahui bermarga Hong. "Mengeksploitasi metode teknologi modern untuk membuat informasi palsu, dan kemudian menyebarkannya di media sosial," kata Biro Keamanan Publik Provinsi Gansu Utara dalam siaran pers yang diposting di WeChat.

Dugaan pelanggaran ini terungkap setelah polisi menemukan artikel palsu tentang kecelakaan kereta api yang menewaskan sembilan orang. Artikel telah diposting ke beberapa akun di platform, mirip blog milik Baidu Inc. yaitu Baijiahao. Artikel tersebut telah dilihat lebih dari 15.000 kali, sebelum akhirnya dihapus.

Penyelidikan lebih lanjut mengungkapkan bahwa Hong menggunakan teknologi chatbot, yang tidak tersedia di Tiongkok. Ia mengakses teknologi chatbot melalui jaringan VPN, untuk memodifikasi artikel berita viral, yang kemudian ia unggah ulang.