Logo Bloomberg Technoz

KTT ASEAN, RSUD Komodo Jadi RS Internasional Jantung NTT

Fransisco Rosarians Enga Geken
09 May 2023 18:40

Menkes Budi Gunadi Sadikin meninjau RSUD Komodo di Labuan Bajo, NTT. (Dok. Kemenkes)
Menkes Budi Gunadi Sadikin meninjau RSUD Komodo di Labuan Bajo, NTT. (Dok. Kemenkes)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pemerintah mendirikan rumah sakit dengan fasilitas kesehatan canggih di Nusa Tenggara Timur (NTT). Kementerian Kesehatan menyulap rumah sakit umum daerah (RSUD) Komodo sebagai rumah sakit rujukan yang berfokus pada penanganan serangan jantung dan stroke. Fasilitas kesehatan ini disiapkan bagi delegasi dan tamu negara dalam perhelatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-42 atau KTT ASEAN 2023 di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin mengatakan, pemerintah tak akan menarik atau kembali me-downgrade RSUD Komodo usai KTT ASEAN. Menurut dia, fasilitas rumah sakit tersebut akan terus berlanjut untuk menangani persoalan kesehatan masyarakat dan turis di Labuan Bajo.

“Buat saya yang lebih penting lagi sesudah ini (KTT ASEAN) mungkin akan ada puluhan, ratusan, ribuan masyarakat yang bisa tertangani masalah kesehatannya,” kata Budi dalam siaran pers kementeriannya, Selasa (9/5/2023).

Menurut dia, penyakit jantung dan stroke merupakan salah satu penyebab kematian tertinggi di wilayah Indonesia, termasuk dunia. Pasien diharapkan bisa mendapatkan perawatan yang tepat dalam kurun empat jam sejak serangan atau gejala terjadi kerap disebut sebagai golden period.

"Kalau tertangani sebelum 4 jam kemungkinan 80% pasien bisa sembuh. Tapi kalau telat kemungkinan 80% bisa meninggal," kata Budi.