Logo Bloomberg Technoz

Menko Airlangga Yakin Pertumbuhan Ekonomi Capai 5,3% di 2023

Yunia Rusmalina
05 May 2023 14:44

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.(Foto: BPMI Setpres/Muchlis Jr)
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.(Foto: BPMI Setpres/Muchlis Jr)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto optimistis capaian pertumbuhan ekonomi Indonesia pada akhir tahun nanti bisa mencapai 5,3%. Angka tersebut ditargetkan tercapai usai pertumbuhan PDB Indonesia yang mencapai 5,03% pada kuartal I tahun ini melebihi ekspektasi pasar.

Menurut Airlangga, untuk mencapai target pertumbuhan ekonomi 5,3% di tahun 2023, kolaborasi dan sinergi semua pihak perlu terus didorong, terutama peran dari korporasi maupun rumah tangga.

"Pertumbuhan 5,03% tertinggi antara G-20 ditengah pertumbuhan dunia yg melambat. Kita sudah recover dari pandemi. Kita perlu mendorong pertumbuhan pertama menjadi faktor pendukung selain rumah tangga yaitu investasi," kata Airlangga dalam konferensi pers, Jumat (5/5/2023).

Ia mengatakan kolaborasi dan sinergi semua pihak perlu terus didorong, terutama peran dari korporasi maupun rumah tangga. Hasil asesmen menunjukkan bahwa tabungan rumah tangga dan korporasi semakin meningkat secara signifikan di masa pandemi dan belum dioptimalkan kembali untuk ekspansi dan belanja di tahun 2023.

“Oleh karena itu konsumsi dan investasi perlu didorong di tahun 2023, dan target investasi di tahun 2023 ini 1.400 triliun rupiah, akan meningkat menjadi 1.650 triliun rupiah di tahun 2024. Nah ini bagi Indonesia untuk meredam volatilitas global yang masih berlangsung,” jelasnya.