Logo Bloomberg Technoz

Fed Pastikan Kebijakan Suku Bunga Agresif Berlangsung Lebih Lama

News
30 April 2023 19:00

The Fed (Sumber: Bloomberg)
The Fed (Sumber: Bloomberg)

Vince Goller dan Craig Stirling – Bloomberg News

Bloomberg, Federal Reserve akan memperpanjang kampanye tahunan mereka, untuk menaikkan suku bunga demi mengalahkan inflasi yang masih membandel, bahkan ketika risiko terhadap ekonomi AS meningkat.

Komite Pasar Terbuka Federal diperkirakan akan meningkatkan target suku bunga pinjaman sebesar seperempat poin persentase lagi pada hari Rabu, menandai kenaikan ke-10 berturut-turut sejak Maret tahun lalu. Sementara upaya para pejabat telah membantu mengurangi tekanan harga dalam perekonomian AS, inflasi tetap jauh di atas target mereka.

Pada saat yang sama, angka pertumbuhan kuartal pertama minggu lalu menunjukkan ekonomi yang mengalami penurunan. Laporan pekerjaan bulanan pada hari Jumat akan memberikan gambaran tentang bagaimana permintaan tenaga kerja yang memberi dukungan utama bagi perekonomian bertahan.

Peningkatan 180.000 yang diproyeksikan dalam daftar gaji April dipandang sehat, meskipun itu akan menandai bulan ketiga berturut-turut dari perlambatan pertumbuhan lapangan kerja. Pasar tenaga kerja yang masih kuat telah berperan penting dalam memperluas ekspansi ekonomi yang semakin merasakan tekanan dari kebijakan Fed yang lebih ketat.