Logo Bloomberg Technoz

Mudik 2023: Pemudik dengan Mobil Pribadi 22%, Pemotor 20,30%

Ezra Sihite
22 April 2023 14:32

Pemudik sepeda motor melintas di kawasan Raya Kalimalang, Bekasi, Jawa Barat, Selasa Malam (18/4/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Pemudik sepeda motor melintas di kawasan Raya Kalimalang, Bekasi, Jawa Barat, Selasa Malam (18/4/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Ditjen Hubdat) mengangkut 24.072 orang selama program mudik gratis Lebaran 2023. Pemudik diangkut ke 28 kota/kabupaten tujuan. Moda yang digunakan adalah bus dan pengangkutan sepeda motor dengan truk.

Namun selain yang diadakan Ditjen Hubdat diketahui program mudik gratis khususnya motor juga dilakukan melalui kapal laut dan kereta api.

“Alhamdulillah program mudik gratis yang kami lakukan berjalan lancar dan aman. Dan yang membuat hati kami bahagia adalah para pemudik merasa senang dengan program yang kami lakukan itu," kata Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Hendro Sugiatno sebagaimana keterangan pers Kemenhub.

Diketahui program mudik gratis menggunakan 585 bus dengan rincian 459 bus arus mudik yang diberangkatkan dari lima terminal di Jabodetabek yaitu Terminal Jatijajar Depok, Terminal Poris Plawad Tangerang, Terminal Pondok Cabe Tangerang Selatan, Terminal Pulogebang Jakarta dan Terminal Kampung Rambutan Jakarta. 

Diketahui pada tahun ini jumlah pemudik melonjak hingga 123 juta orang. Namun di samping pengguna moda transportasi umum, diketahui masih cukup banyak pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi. Pengamat transportasi Djoko Setijowarno mengatakan bahwa mengelola mobilitas 123 juta orang tidaklah mudah. Dari jumlah itu yang memakai mobil pribadi 27,32 juta orang (22,0%) dan sepeda motor 25,13 juta orang (20,30%) sebagai moda favorit untuk mudik.