Logo Bloomberg Technoz

Sepekan Harga Minyak Ambles 6%, Takut AS Resesi

News
21 April 2023 20:00

Ilustrasi produksi minyak Rusia (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi produksi minyak Rusia (Sumber: Bloomberg)

Yongchang Chin - Bloomberg News

Bloomberg, Harga minyak dunia untuk pertama kali turun secara mingguan sejak krisis perbankan dunia mencuat bulan lalu. Penurunan harga minyak ini disebabkan kekhawatiran atas permintaan dan perlambatan ekonomi Amerika Serikat (AS).

Harga minyak West Texas Intermediate stabil pada harga US$77/barel dan tercatat turun lebih dari 6% minggu ini. Pasar komoditas bahan bakar mulai dari bensin sampai diesel juga menunjukkan tanda-tanda pelemahan, setelah Bank Sentral AS atau The Federal Reserve (The Fed) mengatakan, ekonomi AS telah terhenti dalam beberapa minggu terakhir dan ini memberikan sinyal pengetatan moneter lebih lanjut telah menambah hambatan.

Harga Minyak Menuju Penurunan Mingguan Pertama Sejak Krisis Bank | Kelemahan permintaan, kekhawatiran perlambatan membebani kontrak berjangka


"Penurunan (harga) tajam pada margin penyulingan di Asia menimbulkan beberapa kekhawatiran yang valid mengenai bagaimana permintaan minyak Asia akan mengalami penurunan," kata Vivek Dhar, Direktur Riset Komoditas Pertambangan dan Energi Commonwealth Bank of Australia.

"(Ada) kekhawatiran yang dapat dipercaya bahwa permintaan bensin dan diesel mungkin sudah terkikis," tambahnya.