Logo Bloomberg Technoz

Info Mudik

Mudik Lebaran: One Way dan Contra Flow di Tol Trans Jawa Berakhir

Rezha Hadyan
21 April 2023 10:00

Suasana lalu lintas di Gerbang Tol Cikampek Utama, Jawa Barat, Rabu (19/4/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Suasana lalu lintas di Gerbang Tol Cikampek Utama, Jawa Barat, Rabu (19/4/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Jasa Marga (Persero) Tbk mengakhiri atau menutup rekayasa lalu lintas satu arah atau one way arus mudik Lebaran 2023 yang diberlakukan mulai dari KM 72 Cikampek (Jalan Tol Cipali) sampai dengan KM 414 Gerbang Tol (GT) Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang dalam beberapa hari terakhir.

Jasa Marga menyatakan bahwa penutupan rekayasa lalu lintas one way ini sesuai dengan jadwal yang ditentukan sebelumnya yaitu pada Kamis (20/4/2023) pukul 24.00 WIB, dikutip dari keterangan pers pada Jumat (21/4/2023). Dibutuhkan waktu hingga dua jam untuk pembersihan jalur atau menormalkan kembali lalu lintas setelah penutupan rekayasa lalu lintas tersebut.

Sebelumnya, sempat disampaikan ada potensi perpanjangan kebijakan rekayasa lalu lintas one way tersebut sesuai dengan pertimbangan kepolisian. 

"Namun apabila pada periode waktu tiga jam sebelum jadwal pengakhiran tersebut masih terdapat peningkatan volume lalu lintas yang signifikan dari Jakarta ke arah Timur maka dapat dimungkinkan terjadi penyesuaian kembali jadwal pengakhiran rekayasa lalu lintas one way," demikian disampaikan dalam keterangan resminya.

Kebijakan one way juga akan diterapkan pada arus balik Lebaran mendatang. Rencananya one way akan dilakukan di KM 414 yakni GT Kalikangkung hingga KM 72 Tol Cikampek mulai Sabtu (29/4/2023) hingga Selasa (2/4/2023).