Logo Bloomberg Technoz

Info Mudik

Daftar Rest Area di Sepanjang Jalan Tol Trans Jawa

Fransisco Rosarians Enga Geken
20 April 2023 15:30

Suasana antrean kendaraan di Gerbang Tol Cikampek Utama 1, Jawa Barat, Rabu malam, (19/4/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Suasana antrean kendaraan di Gerbang Tol Cikampek Utama 1, Jawa Barat, Rabu malam, (19/4/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Para pengemudi kendaraan berpotensi mengalami kelelahan dan kantuk saat menempuh perjalanan mudik Lebaran 2023. Perjalanan menuju kampung halaman yang jauh dan potensi kepadatan jalan atau macet kerap menguras stamina dan mempengaruhi fokus. Hal ini kemudian menjadi salah pemicu terjadinya kecelakaan pada masa mudik dan balik.

Kepolisian dan Pemerintah pun meminta para pengemudi tak memaksakan diri tetap mengemudikan kendaraan. Mereka meminta, para pemudik mengambil waktu istirahat untuk menghilangkan penat dan lelah. 

Hal ini termasuk bagi para pemudik yang mengendarai mobil melalui Jalan Tol Trans Jawa. Pemerintah dan polisi meminta para pengemudi beristirahat pada sejumlah tempat istirahat atau rest area yang sudah disiapkan pada jalur tersebut. 

"Jangan memaksakan diri dalam keadaan lelah," kata Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy.

Meski tak detil, menurut dia, jumlah kecelakaan pemudik paling banyak terjadi di Jawa Timur pada Lebaran 2022. Angka tersebut diikuti sejumlah kecelakaan yang terjadi di Jawa Tengah dan Jawa Barat. Hal ini menunjukkan, semakin jauh perlajanan mudik, potensi kecelakaan pun semakin tinggi.