Logo Bloomberg Technoz

PSSI Setop Tradisi Juara Tanpa Hadiah, PSM Makassar Dapat Rp2 M

Donald Banjarnahor
19 April 2023 16:45

Menteri BUMN, Erick Thohir. (Tangkapan layar via instagram @erickthohir)
Menteri BUMN, Erick Thohir. (Tangkapan layar via instagram @erickthohir)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir memutus rantai tradisi juara Liga tanpa hadiah uang tunai. Pada tahun ini, PSM Makassar sebagai Juara Liga 1 2022-2023 akan mendapatkan hadiah Rp2 miliar.

"Hari ini saya memastikan juara Liga 1, @PSM_Makassar mendapatkan bonus uang sebesar Rp2 miliar sebagai bentuk penghargaan kepada para pemain dan pelatih," ujar Erick Thohir dalam pernyataannya di Twitter, Rabu (19/4/2023).

Erick tidak menyampaikan darimana sumber dana dari hadiah Rp2 miliar tersebut. Yang pasti hadiah tersebut baru bisa dicairkan setelah libur lebaran berakhir.

Liga 1, yang merupakan liga utama di Indonesia kembali menjadi polemik karena para juara hanya mendapatkan hadiah trophy. Hadiah uang tunai hanya diberikan kepada pemain terbaik, pelatih terbaik top skor dan lain-lain.

Alasan liga utama tanpa hadiah juara karena PT Liga Indonesia Baru (LIB) sebagai penyelenggara telah memberikan bantuan dana kepada semua klub sebelum kompetisi dimulai. Liga tanpa hadiah uang ini telah berlangsung sejak 2018 lalu. Hadiah uang tunai diberikan terakhir kali pada Juara Liga 2017.