Logo Bloomberg Technoz

Indonesia Undang Investor Jerman Ikut Proyek IKN

Fransisco Rosarians Enga Geken
18 April 2023 09:59

Presiden Jokowi dan Kanselir Jerman Olaf Scholz saat melihat pameran proyek Ibu Kota Nusantara atau IKN. (Dok Setpres RI)
Presiden Jokowi dan Kanselir Jerman Olaf Scholz saat melihat pameran proyek Ibu Kota Nusantara atau IKN. (Dok Setpres RI)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi telah meresmikan pembukaan Paviliun Indonesia di pameran industri internasional, Hannover Messe 2023, Jerman. Salah satu peserta pameran atau co-exhibitor pada paviliun tersebut adalah Otorita Ibu Kota Nusantara atau IKN.

Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Susiwijono Moegiarso mengatakan, pemerintah akan memberikan penjelasan tentang proyek pembangunan IKN kepada Kanselir Jerman, Olaf Scholz saat berkunjung. Menurut dia, hal ini sebagai salah satu cara mengundang pengusaha Jerman untuk berinvestasi pada proyek yang diperkirakan butuh dana hingga Rp466 Triliun tersebut.

"Kita akan menjelaskan kepada kanselir jerman, untuk mengundang investor jerman investasi di IKN," kata Susiwijono seperti dilansir Sekretariat Presiden, Selasa (18/4/2023).

Sekretaris Otorita IKN, Achmad Jaka Santos Adiwijaya mengatakan, IKN menampilkan tiga sisi dalam Hannover Messe 2023 yaitu ekonomi hijau, ekonomi berkelanjutan, hingga mobilitas otomatis.

Salah satu yang ditampilkan dalam pameran IKN adalah area sekitar sumbu kebangsaan yang targetnya akan rampung pada 2024. Pembangunan fisik pada fase pertama ini juga menjadi bagian dari rencana pemindahan ibu kota, tahun depan.