Logo Bloomberg Technoz

Tiga Poin Isi Sambutan Presiden Jokowi di Pameran Hannover Messe

Ezra Sihite
17 April 2023 18:56

Pertemuan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan Kanselir Olaf Scholz di Hannover Messe 2023, Jerman.
Pertemuan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan Kanselir Olaf Scholz di Hannover Messe 2023, Jerman.

Bloomberg Technoz, Jakarta - Indonesia kembali menjadi negara mitra pada pameran industri internasional, Hannover Messe di Jerman. Presiden Joko Widodo atau Jokowi membuka paviliun Indonesia pada pameran industri terbesar di dunia tersebut. Indonesia adalah negara ASEAN pertama yang menjadi mitra Hannover Messe.

Menurut Jokowi, tema paviliun yang diangkat Indonesia dalam keikutsertaan di Hannover Messe adalah "Making Indonesia 4.0". Sejumlah sektor prioritas yang ikut dalam pameran akbar ini; yakni makanan, tekstil, otomotif elektronik, kimia, alat kesehatan, dan farmasi.

Pada pembukaan, Jokowi memberikan sambutan dan ada 3 hal yang disampaikannya. Pertama, dia mengatakan, Indonesia sedang melakukan transformasi ekonomi melalui inovasi dan teknologi. "Ini sejalan dengan tema yang diangkat yaitu 'Making Indonesia 4.0'," kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam rilis pers yang dikirimkan Kemlu RI, Senin (17/4/2023).

Kedua, Jokowi juga menjelaskan, dua strategi besar yang dijalankan Indonesia untuk transformasi ekonomi yaitu hilirisasi industri dan ekonomi hijau.

"Terkait hilirisasi, presiden menyampaikan Indonesia ingin menjadi pemain besar industri EV dan Indonesia memiliki modal kuat untuk itu antara lain dengan cadangan nikelnya yang banyak dan bonus demografi," lanjut dia.