Logo Bloomberg Technoz

Tol Fungsional

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono pada kesempatan sebelumnya mengumumkan ruas-ruas jalan tol di Jawa yang akan difungsionalkan selama musim mudik Lebaran 2023.

“Beberapa di antaranya adalah Tol Cileunyi–Sumedang–Dawuan (Cisumdawu) seksi 1–seksi 6. Ruas tol ini akan dibuka fungsional 15%, tembus dari Bandung ke Cirebon. Mudah-mudahan sangat membantu Korlantas [Korps Lalu Lintas Polri]," ujar Basuki saat rapat bersama Komisi V DPR RI, Selasa (4/4/2023).

Selanjutnya adalah Tol Pasuruan–Probolinggo seksi 4A, yang akan dioperasionalkan pada 15 April 2023. Lalu, Tol Solo–Yogya–NYIA seksi 1.1. SS Kartasura–SS Klaten, Tol Solo–Yogya seksi 1.1 Solo–Klaten, serta Tol Jakarta–Cikampek II. 

"Di Pulau Jawa, favoritnya di ruas Pantura [Pantai Utara]. Saat ini, kondisi jalan nasional di Pulau Jawa sepanjang 4.821 km terbagi atas Lintas Utara Jawa 1.192 km dengan kondisi mantap 92%, dan Jalan Lintas Selatan Jawa 1.543 km dengan kondisi mantap 93%," papar Basuki.  

Sekadar catatan, jalan tol di Pulau Jawa mencapai sepanjang 1.716 km, sedangkan tempat istirahat dan pelayanan (TIP) atau rest area di Pulau Jawa totalnya adalah 90 TIP. 

TIP terbagi menjadi 3 tipe, yaitu A, B, dan C; sesuai dengan fasilitas yang tersedia di dalamnya. Secar terperinci, untuk Pulau Jawa pembagiannya menjadi 57 TIP A, 31 TIP B, dan 2 TIP C.

TIP tipe A memiliki area lebih luas dan fasilitas umum yang lengkap meliputi ATM, toilet, SPBU, klinik kesehatan, bengkel, minimarket, musala, kios, tempat parkir, ruang terbuka hijau, hingga restoran.

TIP tipe B memiliki area yang lebih kecil dibandingkan dengan tipe A. Adapun, fasilitas yang disediakan meliputi ATM, toilet, warung atau kios, minimarket, musala, restoran, ruang terbuka hijau, dan tempat parkir.

TIP tipe C memiliki area paling kecil. Fasilitasnya meliputi toilet, warung atau kios, musala,  dan sarana tempat parkir yang bersifat sementara. Bahkan, terkadang fasilitas TIP tipe C hanya dioperasikan pada saat-saat tertentu seperti saat libur panjang, libur hari raya, dan lain sebagainya.

(rui/dhf)

No more pages