Logo Bloomberg Technoz

Dua Pelabuhan Pelindo Siap Layani Pemudik Motor Jawa-Sumatra

Rezha Hadyan
10 April 2023 19:52

Para pemotor di pelabuhan akan menyeberang (Dok Humas Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub)
Para pemotor di pelabuhan akan menyeberang (Dok Humas Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub)

Bloomberg Technoz, Jakarta – PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo menyatakan Pelabuhan Ciwandan di Cilegon, Banten dan Pelabuhan Panjang di Bandar Lampung, Lampung siap melayani pemudik yang akan menyeberang dari Jawa ke Sumatra atau sebaliknya.

Direktur Utama Pelindo Arif Suhartono menyatakan kedua pelabuhan itu siap menyambut pemudik sepeda motor yang akan menyeberang dari Jawa menuju Sumatra atau sebaliknya. Dia memastikan para pemudik tidak akan kebingungan ketika berada di dalam area pelabuhan yang selama ini hanya digunakan untuk angkutan barang.

"Kami sudah siapkan barrier atau pembatas untuk memandu dan mengamankan para pemudik sepeda motor. Mana [jalur] yang disiapkan untuk mereka mana yang untuk angkutan barang. Kami pastikan keamanannya juga," katanya ketika ditemui oleh awak media di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (10/4/2023).

Untuk fasilitas penunjang, Arif menyebut sudah berkoordinasi dengan PT Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (Persero) atau ASDP. Seluruh fasilitas penunjang seperti tenda, ruang tunggu, dan toilet portable akan disiapkan sepenuhnya oleh ASDP selaku operator.

"Pelindo hanya menjalankan pelabuhan, untuk fasilitas penunjang [aktivitas] penyeberangan semua ada di ASDP. Mereka yang akan siapkan, kapal-kapal nanti ada dari ASDP, dari Pelni [PT Pelayaran Nasionaal Indonesia (Persero)], dan PT ALP [Atosim Lampung Pelayaran]," paparnya.