Logo Bloomberg Technoz

Pertamina International Shipping Wajib Kejar Ini Sebelum IPO 2025

Yunia Rusmalina
07 April 2023 16:10

Kilang Pertamina Dumai. (Dok. Pertamina)
Kilang Pertamina Dumai. (Dok. Pertamina)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Pertamina International Shipping (PIS) berencana menggelar initial public offering (IPO) pada 2025. Rencana ini diuangkapkan oleh Direktur Utama PT Pertamina Internasional Shipping (PIS) , Yoki Firnandi.

Ia menjelaskan, PIS setidaknya perlu menggeber pendapatannya hingga naik dua kali lipat jika ingin IPO 2025 terealisasi. “Untuk meningkatkan pendapatan dua kali lipat, PIS akan berekspansi, membeli aset, merger dan akuisisi yang pastinya memiliki tujuan yang jelas,” ungkap Yoki dalam acara Media Gathering  PIS, Jumat (7/4/2023).

Pada kuartal IV -2022 , PIS telah bermitra dengan perusahaan kapal terbesar di dunia yaitu NYK. Menurut Yoki, kemitraan ini menunjukkan jika PIS tak hanya mengandalkan permintaan kapal dari Pertamina, tapi mampu mencari pertumbuhan margin dari pihak ketiga.

"Kami harus berani untuk memanfaatkan sektor yang belum di kelelola, untuk itu kami membuka kantor di Singapura dan Dubai ,” tutur Yoki.

Dari sisi penambahan aset, PIS telah menargetkan penambahan kapal sebanyak 26 kapal  dalam kurun tiga tahun ke depan dengan jenis kapal yang beragam seperti petrokimia dan pengangkutan LNG. Sedangkan untuk tahun 2023, Yoki menambahkan PIS telah mengalokasikan belanja modal atau capital expenditure (capex) sebesar  USD 350 juta  yang digunakan untuk penambahan aset dan ekspansi.

Hingga akhir tahun 2022, PIS telah mencatatkan jumlah aset sebesar USD 3,7 miliar, atau meningkat 16,4 % dari tahun sebelumnya. Sedangkan pendapatan meningkat 64 % secara tahunan menjadi US$ 2,8 miliar.