Logo Bloomberg Technoz

Begini Cara BNI Ajak Diaspora Pulang & Membangun RI

04 April 2023 22:05

Dok: BNI
Dok: BNI

Bloomberg Technoz, Jakarta - Keunggulan  besar Indonesia dalam hal populasi dan sumber daya alam berpotensi sangat pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. Para diaspora diharap dapat melihat peluang tersebut dan kembali ke Tanah Air untuk membangun Negeri. 

Direktur Wholesale & International Banking PT Bank Negara Indonesia (Perseo) Tbk. Silvano Rumantir menerangkan bahwa Indonesia memiliki sumber daya dan potensi untuk negara dengan ekonomi besar dunia.

Secara spesifik, Indonesia dikenal sebagai negara dengan populasi muslim terbesar di dunia. Pemilik sumber panas bumi terbesar kedua, negara demokratis terbesar ketiga, populasi terbesar keempat serta pemilik cadangan nikel nomor wahid secara global. Namun demikian, berbagai potensi ini bisa terbengkalai begitu saja bila tidak diteruskan kepada generasi mendatang. 

"Potensi ini hanya menjadi potensi kalau tidak ada yang mau menjalani. Itu salah satu alasan kita kumpul di sini untuk mencoba memberikan perspektif bahwa kerja di BUMN sekarang sudah beda," katanya saat BUMN Menyapa PPI & Pengusaha di Kedutaan Besar RI di Singapura.

Menurutnya, perusahaan BUMN di dalam negeri telah berbenah untuk mengoptimalkan potensi yang ada. Bahkan dalam beberapa tahun terakhir, Menteri BUMN Erick Thohir memangkas jumlah perusahaan plat merah dari 144 menjadi hanya 41 perusahaan.