Logo Bloomberg Technoz

Dilema Transisi Energi Bersih di Tengah Anomali Harga Minyak

News
04 April 2023 16:10

Panel surya Sun Cable (Sumber: Bloomberg)
Panel surya Sun Cable (Sumber: Bloomberg)

Will Mathis - Bloomberg News

Bloomberg, Dampak langsung dari keputusan mengejutkan OPEC+ memangkas produksi minyak cukup mudah ditebak, yaitu: kenaikan harga si emas hitam yang memecahkan rekor tertinggi dalam setahun. Namun, seperti apa dampak kebijakan organisasi tersebut terhadap upaya global dalam mengakhiri penggunaan bahan bakar fosil?

Tahun lalu, harga komoditas energi melonjak akibat sentimen invasi Rusia ke Ukraina. Kondisi tersebut menjadi angin segar sekaligus tantangan terhadap upaya dunia beralih dari penggunaan energi kotor.

Di satu sisi, negara-negara di dunia makin memahami dampak negatif dari ketergantungan terhadap komoditas pertambangan yang pasarnya dikendalikan oleh segelintir negara. Di sisi lain, krisis energi yang terjadi secara tiba-tiba juga telah memaksa negara-negara –bahkan yang paling progresif terhadap isu iklim sekalipun– untuk kembali menggunakan batu bara dan gas sebagai cadangan energi.

Tahun ini, guncangan harga di sektor energi kembali terjadi; didorong oleh keputusan mengejutkan OPEC+ pada Minggu (2/4/2023).