Logo Bloomberg Technoz

Ada Teror Dumping China, Importir Minta Industri di RI Dievaluasi

Pramesti Regita Cindy
30 May 2024 09:30

Ilustrasi ekspor impor China (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi ekspor impor China (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Kalangan importir menyebut ancaman dumping produk dari China yang memicu ketakutan di berbagai sektor industri nasional mencerminkan kurangnya langkah taktis pemerintah dalam membina industri di dalam negeri.

"Kalau saya melihatnya ini akibat dari tidak ada evaluasi dan langkah yang harus dilakukan pemerintah dalam membina industri dalam negeri," kata Ketua Umum Gabungan Importir Nasional Seluruh Indonesia (GINSI) Subandi saat dihubungi, Kamis (29/5/2024).

Dia pun mempertanyakan banyaknya barang produksi lokal yang justru lebih mahal dibandingkan dengan barang impor yang masuk ke pasar domestik.

"Pemerintah harus menjawab pertanyaan ini dengan solusi yang jelas, baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang. Jangan-jangan ongkos produksi di dalam negeri lebih mahal? Jangan-jangan pajak buat industrinya tinggi tanpa dapat insentif dari pemerintah? Jangan-jangan bahan bakunya tidak tersedia atau kurang?" tanyanya.

Dumping sendiri merupakan salah satu praktik perdagangan tidak sehat, di mana suatu negara diketahui menjual barang di luar negaranya dengan harga yang jauh lebih murah dibandingkan dengan harga di dalam negeri mereka.

Pelanggan melihat tas impor yang dijual di pusat grosir Senen Jaya, Jakarta, Jumat (6/10/2023). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)