Logo Bloomberg Technoz

Tambang Tembaga Peru Mulai Ekspansi untuk Tingkatkan Pasokan

News
23 May 2024 12:30

Tambang tembaga (Dok: Bloomberg)
Tambang tembaga (Dok: Bloomberg)

Marcelo Rochabrun dan James Attwood - Bloomberg News

Bloomberg, MGM Ltd dari China berharap dapat mulai menggali tembaga dari lubang baru di proyek raksasa Las Bambas di Peru pada akhir tahun ini, sehingga dapat memberikan pasokan tambahan yang sangat dibutuhkan untuk pasar global yang sedang mengetat.

Las Bambas telah bertahun-tahun beroperasi jauh di bawah kapasitas tahunan sebesar 400.000 ton karena banyaknya protes dari masyarakat yang telah mengganggu penambangan dan menghambat ekspansi. Tingkat tersebut dapat dicapai pada tahun 2025, menurut Troy Hey, manajer umum eksekutif di MMG.

"Menurut saya, pada tahun depan kami akan mulai mencapai kapasitas sebesar 350.000 hingga 400.000 ton," kata Hey dalam sebuah wawancara. Persiapan untuk penambangan di pit Chalcobamba yang baru telah dimulai, katanya.

Tembaga meroket ke rekor minggu ini di tengah meningkatnya kekhawatiran bahwa pasokan tambang global akan gagal mengimbangi permintaan yang membengkak dari kendaraan listrik dan proyek-proyek energi terbarukan. Potensi kekurangan ini menjadikannya saat yang tepat bagi para penambang tembaga untuk meningkatkan produksi.