Logo Bloomberg Technoz

Obligasi AS Turun, Investor Pantau Sinyal Hawkish The Fed

News
21 May 2024 10:10

Gubernur The Fed Jerome Powel. (Dok: Bloomberg)
Gubernur The Fed Jerome Powel. (Dok: Bloomberg)

Liz Capo McCormick dan Edward Bolingbroke - Bloomberg News

Bloomberg, Obligasi pemerintah AS (Treasury) melemah untuk hari ketiga pada Senin (20/05/2024), mengurangi reli obligasi AS minggu lalu karena tanda-tanda tekanan inflasi yang mereda.

Imbal hasil obligasi pemerintah AS bertenor 10 tahun, yang menjadi acuan, berada di sekitar 4,43% pada pukul 2:45 sore di New York. Gelombang aksi jual di pasar berjangka membantu mempercepat penurunan di awal sesi, dengan 20.000 kontrak berjangka obligasi pemerintah AS 10 tahun berpindah tangan dalam waktu tiga menit sekitar pukul 8:20 pagi. Penurunan berkurang sepanjang hari, namun imbal hasil di semua jatuh tempo tetap naik sekitar 1 basis poin.

Tanpa data ekonomi untuk mendorong posisi pada Senin, investor malah fokus pada komentar dari sejumlah pembicara bank sentral AS atau Federal Reserve (The Fed), dan jadwal padat penerbitan peringkat investasi (investment-grade) karena perusahaan-perusahaan ingin mencari pinjaman menjelang libur panjang akhir pekan mendatang. 

Gubernur The Fed Cleveland Loretta Mester mengatakan pada Senin dalam wawancara dengan Bloomberg Television bahwa kebijakan tersebut bersifat restriktif. Namun, pejabat bank sentral AS perlu menunggu lebih banyak bukti tentang jalur inflasi sebelum menyesuaikan suku bunga.