Logo Bloomberg Technoz

Profil Ebrahim Raisi: Presiden Iran Penentang Negara-negara Barat

News
20 May 2024 12:05

Presiden Iran Ebrahim Raisi. (Bloomberg)
Presiden Iran Ebrahim Raisi. (Bloomberg)

Golnar Motevalli dan Sylvia Westall - Bloomberg News

Bloomberg, Ebrahim Raisi, ulama ultrakonservatif yang masa jabatannya sebagai presiden Iran ditandai dengan pemberontakan besar dan sikap yang semakin keras terhadap Barat, meninggal setelah kecelakaan helikopter. Dia tutup usia di umur 63 tahun.

Berdasarkan laporan media pemerintah, helikopter presiden jatuh pada Minggu (19/05/2024) di wilayah barat laut negara itu. Kematian Raisi, bersama dengan Menteri Luar Negeri Hossein Amirabdollahian yang bepergian bersamanya, dikonfirmasi pada Senin oleh kantor berita semi-resmi Mehr.

Raisi, yang memenangkan pemilu pada 2021 untuk menjadi presiden kedelapan negara itu, menjabat di tengah krisis ekonomi yang disebabkan oleh penarikan AS dari kesepakatan nuklir penting dan wabah Covid-19 terburuk di Timur Tengah.

Meskipun dia memiliki sedikit pengaruh pada institusi-institusi terpenting Iran, seperti Korps Garga Revolusi Islam (Islamic Revolutionary Guard Corps/IRGC), dia secara luas dipandang di Iran sebagai kandidat yang difavoritkan untuk menggantikan Pemimpin Tertinggi Ayatollah Ali Khamenei, yang berusia pertengahan 80-an. Kematian Raisi menghilangkan satu-satunya pesaing serius bagi putra Khamenei, Mojtaba, untuk menduduki posisi tertinggi.

Lokasi jatuhnya helikopter Presiden Iran Ebrahim Raisi.