Logo Bloomberg Technoz

Cerita Sri Mulyani Soal Tantangan Ekonomi Kurun 10 Tahun di DPR

Azura Yumna Ramadani Purnama
20 May 2024 11:29

Rapat Paripurna DPR ke-13 masa persidangan IV, Selasa (5/3/2024). (Bloomberg Technoz/Mis Fransiska)
Rapat Paripurna DPR ke-13 masa persidangan IV, Selasa (5/3/2024). (Bloomberg Technoz/Mis Fransiska)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menceritakan tantangan ekonomi global dan domestik yang pernah dihadapinya ketika menjabat sebagai Bendahara Negara di Era pimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam kurun 10 tahun terakhir.

Dia juga membagikan pengalaman ketika menghadapi tantangan ekonomi di era Pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Hal itu disampaikan Bendahara Negara dalam Rapat Paripurna DPR ke-17 dengan agenda Penyampaian Pemerintah terhadap Kerangka Ekonomi Makro dan Pokok-pokok Kebijakan Fiskal (KEM-PPKF) RAPBN 2025 di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin (20/5/2024).

Dia menyebutkan sejumlah tantangan yang dihadapi antara lain, tensi geopolitik yang tinggi akibat terjadi perang antara Rusia dan Ukraina, juga ketegangan konflik Timur Tengah. Terdapat pula ketegangan di kawasan Asia dan perang dagang yang menimbulkan fragmentasi global dan disrupsi rantai pasok yang luar biasa.

Tak hanya itu, pandemi Covid-19 dan perubahan iklim menjadi ancaman kemanusiaan dan membawa dampak ekonomi yang sangat besar.