Logo Bloomberg Technoz

Bappenas Pastikan Program Makan Siang Masuk RKP 2025: Seperti BOS

Azura Yumna Ramadani Purnama
06 May 2024 16:07

Siswa makan siang bersama saat simulasi program makan siang di SMPN 2 Curug, Kab. Tangerang, Kamis (29/2/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Siswa makan siang bersama saat simulasi program makan siang di SMPN 2 Curug, Kab. Tangerang, Kamis (29/2/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Kementerian PPN/Bappenas) memastikan program makan siang gratis yang diusung Presiden terpilih Prabowo Subianto akan masuk dalam Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2025. 

Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengaku sedang mengkaji rencana pelaksanaan program makan siang gratis yang berpotensi akan seperti program Belanja Operasional Sekolah (BOS).    

Dia menjelaskan pengorganisasian pelaksanaan program makan siang gratis bisa saja mengikuti penerapan BOS yang telah berlangsung. Menurut dia, pemerintah sudah memiliki pengalaman dalam menjalankan dana BOS.

“Mengenai pengorganisasian pelaksanaannya, siapa yang akan melaksanakannya. Kita sudah punya pengalaman dengan belanja operasional sekolah, kami akan timbang apakah itu dimungkinkan seperti itu,” ungkap Suharso saat ditemui awak media setelah acara Musrenbang 2024 di Jakarta, Senin (6/5/2024).

Sebelum itu, Suharso menjelaskan bahwa Bappenas dalam merancang RKP 2025 telah memasukan dan mengintegrasikan program-program unggulan presiden terpilih Prabowo Subianto, termasuk program makan siang gratis.