Logo Bloomberg Technoz

Airlangga Ungkap Kesiapan Industri RI Layani Program Susu Gratis

Azura Yumna Ramadani Purnama
17 May 2024 16:14

Susu a2 (Sumber: Bloomberg)
Susu a2 (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) Airlangga Hartarto membeberkan penyediaan susu gratis pemerintahan Presiden Terpilih Prabowo Subianto. Menurut dia, saat ini Indonesia masih kekurangan stok produk susu dan turunannya.

Sebelumnya, Airlangga sempat menyatakan akan melakukan deregulasi untuk mempermudah pendaftaran produk susu dan turunnya dengan tujuan memenuhi permintaan yang meningkat akibat program pemerintahan baru, yakni susu gratis untuk siswa.

Airlangga menjelaskan, saat ini pasokan susu RI berasal dari dua tempat utama yang berada di daerah Jawa Timur yakni Malang dan Blitar. Ia menyebut, kedua pemasok susu tersebut memiliki jumlah sapi yang terbilang banyak sekitar 10 ribu sapi.

Namun, ia juga menyebut terdapat beberapa lokasi pemasok susu yang berbasis koperasi. Dalam hal ini, pemasok jenis ini memiliki peranan penting dalam rantai pasok ke pabrik-pabrik susu yang ada di Tanah Air.

“Ada yang berbasis koperasi itu yang jadi supply chain [rantai pasok] ke pabrik susu dalam negeri,” kata Airlangga saat ditemui awak media di kantornya, Jumat (17/5/2024).