Logo Bloomberg Technoz

Bulog Soal Kenaikan HET Beras SPHP: Lebih Murah dari Harga Pasar

Pramesti Regita Cindy
07 May 2024 19:20

Beras khusus dari Bulog yaitu Beras Stabilitas Pasokan Harga Pangan atau SPHP.(Bloomberg Technoz/Dovana Hasiana)
Beras khusus dari Bulog yaitu Beras Stabilitas Pasokan Harga Pangan atau SPHP.(Bloomberg Technoz/Dovana Hasiana)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Perum Bulog (Persero) meyakini kenaikan harga eceran tertinggi (HET) untuk beras Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) tidak akan membebani daya beli konsumen.

Direktur Utama Bulog Bayu Krisnamurthi mengatakan HET beras Bulog yang baru saja ditetapkan pemerintah masih relatif lebih murah dibandingkan dengan rerata harga beras di pasaran.

“HET Beras direlaksasi dan masih lebih rendah dari harga beras rata-rata di pasar. Harga beras Bulog masih yang terendah di kelas kualitasnya,” ujarnya kepada Bloomberg Technoz, Selasa (7/5/2024).

Bayu pun mengatakan penyesuaian HET beras SPHP terpaksa dilakukan, sebagai konsekuensi dari peningkatan harga beli Bulog untuk gabah di tingkat petani yang ditetapkan pemerintah beberapa waktu lalu. 

Berdasarkan data Panel Harga Pangan Badan Pangan Nasional (Bapanas) hari ini, rerata nasional harga beras premium di tingkat perdagangan eceran adalah Rp15.690/kg naik 0,06% dari sepekan lalu, sedangkan beras medium Rp13.570/kg stabil dari pekan lalu.