Logo Bloomberg Technoz

Kemenperin Akan Panggil Bata, Imbas Penutupan Pabrik Purwakarta

Pramesti Regita Cindy
07 May 2024 12:10

Ilustrasi gerai sepatu Bata./Bloomberg- Dhiraj Singh
Ilustrasi gerai sepatu Bata./Bloomberg- Dhiraj Singh

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenperin) berencana memanggil perwakilan PT Sepatu Bata Tbk (BATA) menyusul ditutupnya pabrik perseroan di Purwakarta, Jawa Barat belum lama ini.

Juru Bicara Kemenperin Febri Hendri Antoni Arif mengatakan tujuan pemanggilan tersebut justru untuk meminta Bata memperkuat produksinya di Indonesia. Hal itu sehubungan dengan upaya pemerintah mengendalikan impor melalui pemberlakuan larangan dan pembatasan (lartas) untuk produk alas kaki.

"Kami sarankan untuk perkuat lagi pabriknya di Indonesia. Kebijakan lartas ini kan [untuk] mendorong agar investasi di industri alas kaki atau di sektor-sektor industri yang terkena lartas. Bangun pabrik di Indonesia ya kan, karena produk impor itu akan dikendalikan," kata Febri, Senin (6/5/2024).

Pemanggilan ini pun disebut akan dilakukan dalam waktu dekat, tetapi Febri sendiri tidak mengatakan secara terperinci kapan pastinya pemanggilan terhadap manajemen Bata ini.

Meski begitu, Kemenperin menyampaikan tidak bisa berbuat banyak bilamana keputusan perusahaan untuk menutup pabriknya adalah bagian dari rencana bisnis mereka.