Logo Bloomberg Technoz

Tutup Pabrik, Saham BATA Catat Rekor Terendah Sepanjang Masa

Muhammad Julian Fadli
06 May 2024 10:58

Gerai sepatu Bata di India./Bloomberg-Prashanth Vishwanathan
Gerai sepatu Bata di India./Bloomberg-Prashanth Vishwanathan

Bloomberg Technoz, Jakarta - Harga saham PT Sepatu Bata Tbk (BATA) pecah rekor harga terendah sepanjang masa atau All Time Low (ATL). 

Berdasarkan data Bloomberg, pada pukul 10.00 WIB harga saham BATA ini sudah drop 12 poin atau setara dengan 12,63% ke Rp83/saham. Harga bahkan sempat sentuh level Rp81/saham, yang merupakan level terendah dan pecahkan rekor sepanjang masa, atau tepatnya sejak Januari 2000, atau dalam 24 tahun yang lalu.

Pergerakan Saham BATA Cetak Rekor All Time Low sejak Januari 2000 (Bloomberg)

Rekor itu tercapai setelah sebanyak 2 juta saham diperjualbelikan dengan didominasi tekanan jual dengan nilai mencapai Rp167,41 juta. Adapun frekuensi yang terjadi sebanyak 103 kali.

Amblesnya laju harga saham perusahaan yang memiliki nama lengkap T&A Bata Shoe Company, ini bahkan sampai membuatnya masuk jajaran top losers. Sekaligus menjadi yang paling anjlok dibandingkan dengan saham sejenis di industrinya.

Sementara, sepanjang perdagangan tahun berjalan hingga hari ini Senin (6/5/2024) saham BATA telah kehilangan daya tariknya hingga double digit dengan mencetak penurunan mencapai 41,13% secara year to date.