Logo Bloomberg Technoz

Melambatnya Tenaga Kerja AS Jadi Gairah, IHSG Dibuka Menguat

Muhammad Julian Fadli
06 May 2024 09:25

Karyawan melhat layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Karyawan melhat layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini, Senin (6/5/2024), dibuka menguat. Pada pukul 9.05, indeks mencatat kenaikan 19,08 poin atau setara dengan 0,27% ke level 7.153.

Berdasarkan data perdagangan Bursa Efek Indonesia, volume perdagangan tercatat 2 miliar saham dengan nilai transaksi Rp1,4 triliun. Adapun frekuensi yang terjadi sebanyak 115.738 kali.

Sebanyak 212 saham menguat dan 167 saham melemah. Sementara, 193 saham tidak bergerak.

Sentimen pada perdagangan hari ini utamanya datang dari global. Amerika Serikat merilis laporan ketenagakerjaan untuk April 2024 pada Jumat kemarin. Adapun Non-Farm Payrolls hanya mampu menguat 175.000 pada bulan lalu, yang merupakan peningkatan terkecil dalam enam bulan. Sementara tingkat pengangguran melonjak menjadi 3,9% dan seiring dengan pertumbuhan upah melambat.

Seperti yang diwartakan Bloomberg News, perekrutan pekerjaan di AS melemah pada April dan tingkat pengangguran naik secara tidak terduga. Hal ini menunjukkan adanya sedikit pelemahan dalam pasar tenaga kerja setelah awal tahun yang kuat.