Logo Bloomberg Technoz

Riwayat Peugeot RI yang Kini Tutup, tetapi Masih Layani Servis

Dinda Decembria
05 May 2024 11:30

Peugeot Inception Concept dihadirkan saat acara pers di ajang CES 2023 di Las Vegas, Nevada./Bloomberg-Bridget Bennett
Peugeot Inception Concept dihadirkan saat acara pers di ajang CES 2023 di Las Vegas, Nevada./Bloomberg-Bridget Bennett

Bloomberg Technoz, Jakarta – Merek mobil asal Prancis, Peugeot, telah akrab menghiasi jalan-jalan di Indonesia. Sudah berusia lebih dari 50 tahun di Tanah Air, perusahaan kini menghentikan penjualannya di negara ini.

Dirangkum dari berbagai sumber, Peugeot perdana hadir di Indonesia pada 1972. Saat itu, PT Multi France Motor bertindak sebagai Agen Pemegang Tunggal Pemegang Merek (ATPM) Peugeot yang kemudian telah dilakukan akuisisi PT Astra International Tbk (ASII).

Mobil Peugeot telah menjulang kesuksesan di Indonesia dengan berbagai seri. Pada 1980, untuk kelas menengah Peugeot 505 sedan menjadi populer. Lalu, ada hatchback kecil Peugeot 205 serta sedan menengah Peugeot 406 yang dilansir pada 2000-an.

Peugeot e-Rifter (Dok. Bloomberg)


Layanan purna jual Peugeot telah dipegang oleh PT Astra International-Peugeot Sales Operations (Astra Peugeot), anak dari usaha PT Astra International Tbk.

Sudah beberapa kali, Astra International selaku Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) melakukan program purna jual dengan menyediakan purna jual dan ada diskon suku cadang.