Logo Bloomberg Technoz

7 Bandara di Sulawesi Tutup Sementara Imbas Erupsi Gunung Ruang

Dinda Decembria
01 May 2024 08:00

Suasana calon penumpang pesawat saat arus mudik di Terminal 3, Bandara Soetta, Sabtu (6/4/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Suasana calon penumpang pesawat saat arus mudik di Terminal 3, Bandara Soetta, Sabtu (6/4/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Tujuh bandar udara (bandara) di Sulawesi ditutup akibat erupsi Gunung Ruang pada 30 April 2024. Dampak lainnya terdapat 50 penerbangan ikut terimbas.

Sekretaris Perusahaan AirNav Indonesia, Hermana Soegijantoro mengatakan sehubungan adanya erupsi Gunung Ruang pada Selasa (30/4) pukul 01.30 WITA, sesuai dengan informasi dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) dengan tinggi letusan teramati kurang lebih 2.000 m dan menyebar ke arah utara.

"AirNav Indonesia telah mengeluarkan NOTAM terkait penutupan sementara tujuh Bandara di sekitar wilayah Sulawesi," ujarnya dalam keterangan resmi.

Dari data sementara, terdapat 50 penerbangan yang terdampak di tujuh bandara tersebut, yaitu 25 keberangkatan dan 25 kedatangan, dengan jumlah penumpang sekitar 3.842 pax.

"AirNav Indonesia akan terus memonitor dan bersinergi dengan seluruh stakeholders terkait untuk informasi ter-update dan dampak erupsi Gunung Ruang untuk keselamatan dan keamanan penerbangan," ujarnya.