Logo Bloomberg Technoz

Elon Musk Berencana PHK Ratusan Karyawan Lagi di Tesla

News
30 April 2024 17:20

Elon Musk
Elon Musk

Gabrielle Coppola - Bloomberg News

Bloomberg,  Elon Musk berencana melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) ratusan karyawan lagi di Tesla Inc, menyusul hengkangnya dua eksekutif senior lain dari perusahaan tersebut.

Menurut laporan The Information, mengutip memo internal perusahaan, Rebecca Tinucci, direktur senior grup Supercharger, dan Daniel Ho, kepala produk baru, tidak lagi bekerja di Tesla mulai Selasa (30/04/2024). Dalam email tersebut, Musk mengatakan dia akan memberhentikan semua orang yang bekerja untuk kedua eksekutif tersebut, dengan beberapa karyawan akan dipindahkan ke tim lain, termasuk sekitar 500 orang dari grup Tinucci.

Gelombang PHK terbaru ini terjadi hanya beberapa minggu setelah Tesla mengumumkan akan memberhentikan lebih dari 10% tenaga kerjanya, dan dua eksekutif puncak - kepala powertrain Drew Baglino dan kepala pengembangan bisnis Rohan Patel - secara terbuka mengumumkan pengunduran diri mereka. 

Gonjang-ganjing ini mencerminkan pergolakan yang lebih luas di produsen kendaraan listrik (EV) tersebut, yang menghadapi persaingan lokal yang belum pernah terjadi sebelumnya di China. Tesla juga melakukan serangkaian penurunan harga yang tidak banyak membantu untuk meningkatkan penjualan yang sedang lesu.