Logo Bloomberg Technoz

CEO Microsoft Satya Nadella Komitmen Investasi Rp27 T di RI

Redaksi
30 April 2024 11:48

CEO Microsoft Satya Nadella. (Dok: Bloomberg)
CEO Microsoft Satya Nadella. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Chief Executive Officer (CEO) Microsoft, Satya Nadella yang hadiri Microsoft Build: AI Day Jakarta, menyatakan siap berinvestasi sekitar US$1,7 miliar atau sekitar Rp27 triliun di Indonesia dalam bentuk pengembangan komputasi awan (cloud) hingga kecerdasan buatan (artificial intelligence).

Komitmen investasi tunggal Microsoft merupakan yang terbesar selama 29 tahun sejarah kehadiran perusahaan di Indonesia. Investasi, lanjut Satya, mengambil peran di  infrastruktur digital, keterampilan, dan dukungan bagi para developer.

“Kami akan melakukan investasi sekitar US$1,7 miliar,” jelas Satya Nadella di Jakarta, usai menemui Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Selasa (30/4/2024). Hal ini mengonformasi pernyataan Menteri Kominfo Budi Arie sebelumnya bahwa perusahaan teknologi besar asal AS akan menggelontorkan dana hingga Rp14 triliun.

“Lebih," ujar Budi. "Jangan dari saya, biar dari mereka saja [yang menyebut angka].” Dengan demikian komitmen investasi AI dan cloud Microsoft jauh lebih besar atau mencapai Rp27,2 triliun.

CEO Satya Nadella Umumkan Investasi di Indonesia. (Dok: Perusahaan)

Satya dalam acara Microsoft Build: AI Day Jakarta yang turut menyapa para komunitas developer, memamerkan pencapaian teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence, termasuk platform Co-pilot dan Azura.