Logo Bloomberg Technoz

Pertamina Akan Gandeng China Bangun Pabrik Panel Surya di RI

Dovana Hasiana
30 April 2024 15:30

Domba di panel surya. (Sumber: Ben Brewer/Bloomberg)
Domba di panel surya. (Sumber: Ben Brewer/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta – PT Pertamina (Persero) melalui Pertamina New & Renewable Energy (PNRE) mengatakan tengah menjajaki kerja sama dengan China untuk membangun pabrik panel surya atau solar panel.

Direktur Utama PNRE John Aris mengatakan kerja sama tersebut belum berjalan, lantaran perseroan masih melakukan penjajakan. 

“Kita menjajaki, belum jalan, untuk mendirikan pabrik solar panel dengan China, sedang kami jajaki semoga bisa,” ujar John, Selasa (30/4/2024). 

Menurut John, penjajakan kerja sama tersebut serupa dengan kerja sama yang dilakukan oleh perseroan dengan holding BUMN sektor pertambangan PT Mineral Industri Indonesia (MIND ID) dan PT PLN (Persero) untuk penghiliran baterai kendaraan listrik atau electric vehicle (EV). 

Daftar perusahaan panel surya di dunia. (bloomberg)

Adapun, China memang tengah gencar dalam pengembangan panel surya. Kapasitas energi terbarukan di seluruh dunia telah meningkat sebesar 50% tahun lalu. Pertumbuhan ini pun akan melampaui rekor dalam 10 tahun ini berkat kenaikan harga panel surya, terutama di China.