Logo Bloomberg Technoz

Presiden Universitas Columbia Didesak Mundur usai Demo Mahasiswa

News
25 April 2024 15:10

Demonstrasi mahasiswa pro-Palestina di kampus Universitas Columbia pada 22 April 2024. (Fotografer: Stephanie Keith/Bloomberg)
Demonstrasi mahasiswa pro-Palestina di kampus Universitas Columbia pada 22 April 2024. (Fotografer: Stephanie Keith/Bloomberg)

Janet Lorin dan Sana Pashankar - Bloomberg News

Bloomberg, Badan Pimpinan Universitas Columbia menyatakan dukungan untuk Presiden Nemat Shafik di tengah meningkatnya desakan agar dia mundur, yang dipicu oleh protes mahasiswa terkait konflik Israel-Hamas.

Sejak penangkapan lebih dari 100 pengunjuk rasa pro-Palestina pada Senin (22/04/2024) yang melanggar perintah polisi untuk meninggalkan perkemahan di kampus, universitas di New York tersebut telah beralih menawarkan pilihan kelas hybrid. Aksi demonstrasi tersebut terjadi setelah Shafik memberikan kesaksian di hadapan komite DPR mengenai tanggapan universitas terhadap antisemitisme di kampus.

Dalam sebuah pernyataan pada Rabu (24/04/2024) malam, dewan pengawas menyatakan dukungan mereka terhadap Shafik dan pendekatannya dalam mengelola keragaman suara di kampus. Mereka mengatakan pendekatan tersebut sejalan dengan janji yang dia buat selama proses pengangkatannya.

"Kami sedang bekerja sama dengannya untuk membantu menyelesaikan situasi di kampus dan membangun kembali ikatan komunitas kami," kata dewan pengawas. "Kami mendorong semua orang yang peduli tentang Columbia untuk bergabung dengan kami dalam upaya itu."